Thursday 27 December 2012

Pasien Terlantar karena Syuting Sinetron



Seorang anak bernama Ayu Tria (7) yang mengidap leukemia dan harus rutin cuci darah meninggal dunia. Ayu tidak bisa melakukan cuci darah dan kemoterapi karena ruangan ICU RS Harapan Kita malah dipakai syuting sinetron Love in Paris.

Irawan Tanu, co sutradara sinetron Love in Paris yang melakukan syuting di RS Harapan Kita semalam mengaku pihaknya ditawari untuk menggunakan ruang ICU tersebut. Irawan ditawari oleh pihak rumah sakit itu untuk menggunakan ICU.


"Kami ditawari oleh pihak Rumah Sakit Harapan Kita untuk pakai ICU, karena pihak rumah sakit mengatakan ruangan itu tidak bisa digunakan karena sedang rusak," ujar Irawan ketika dihubungi merdeka.com, Kamis (27/12).


Irawan mengatakan, dia diajak untuk masuk ke dalam ICU oleh pihak rumah sakit untuk melihat keadaan dan kebutuhan untuk syuting. Irawan cuma dipesan oleh pihak rumah sakit untuk tidak membawa orang banyak masuk ke dalam ICU.


"Saya diajak ke ruang ICU untuk melihat-lihat. Karena memang kebutuhan syuting, kami senang dan berterima kasih. Bahkan, ibu itu (pihak rumah sakit) menawarkan juga untuk mengambil gambar di ruangan lain untuk didokumentasikan," kata dia.


Menurut Irawan, dia tidak mengetahui ada pasien rumah sakit tersebut meninggal karena ruang ICU dipakai untuk syuting. Usai syuting di ruang ICU, timnya langsung melakukan syuting di UGD rumah sakit tersebut. "Saat syuting di UGD, saya baru tahu bahwa ada pasien meninggal. Saya mengetahui peraturan di rumah sakit, saya cuma mengikuti arahan dari rumah sakit saja," ujar dia.


Sebelumnya, sinetron Love in Paris mengambil lokasi syuting di ruang ICU Harapan Kita. Akibat kegiatan mereka, pasien-pasien yang dirawat di ruangan itu merasa terganggu.


Menurut cerita Kurniayanto, pengunjung rumah sakit yang sedang menemani anaknya berobat di rumah sakit itu, kaget bukan kepalang ketika melihat ruang ICU dipakai untuk syuting sebuah sinetron. Ruang steril itu tiba-tiba saja dipenuhi berbagai alat perlengkapan syuting.


"Saya kaget saat anak saya dirujuk ke ruang ICU karena keadaannya ngedrop, tiba-tiba ada kegiatan syuting," kata Kurniayanto saat berbincang dengan merdeka.com, Kamis (27/12).


Sekadar diketahui, Kurniayanto adalah ayah dari seorang pasien di RS Harapan Kita, Ayu Tria (7). Putrinya meninggal saat kru sinetron sedang sibuk angkut-angkut barang buat perlengkapan syuting.
Sumber: Merdeka.com

No comments:

Post a Comment